Beranda Wisata Wisata Dekat Candi Prambanan

Wisata Dekat Candi Prambanan

Photo by Eugenia Clara on Unsplash

Candi Prambanan adalah salah satu situs warisan dunia yang terkenal di Indonesia. Terletak di Yogyakarta, candi ini menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya. Namun, selain mengunjungi Candi Prambanan itu sendiri, ada banyak tempat menarik lainnya di sekitarnya yang juga layak untuk dikunjungi. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa destinasi wisata terdekat dari Candi Prambanan.

Anda ingin tahu tentang wisata dekat candi prambanan? Candi prambanan adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang didedikasikan untuk Trimurti, yaitu Dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa¹.

Wisata Dekat Candi Prambanan

Selain candi prambanan, ada banyak tempat wisata menarik lainnya di sekitar candi ini yang bisa Anda kunjungi. Berikut adalah beberapa rekomendasi dari saya:

  • Candi Sewu: Candi ini adalah candi Buddha terbesar kedua di Indonesia setelah Borobudur. Candi ini terdiri dari satu candi utama dan 240 candi perwara yang mengelilinginya. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dan penuh dengan relief Buddha.
  • Candi Ratu Boko: Candi ini adalah kompleks istana kuno yang dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra. Candi ini terletak di atas bukit yang menawarkan pemandangan candi prambanan dan Gunung Merapi. Candi ini juga memiliki spot sunset yang cantik.
  • Candi Ijo: Candi ini adalah candi Hindu yang terletak di puncak bukit yang tertinggi di kawasan Prambanan. Candi ini memiliki pemandangan yang spektakuler dan suasana yang tenang. Candi ini diduga dibangun untuk memuja Dewa Siwa sebagai dewa kesuburan.
  • Tebing Breksi: Tebing ini adalah bekas tambang batu kapur yang kini menjadi tempat wisata yang unik dan instagramable. Tebing ini memiliki berbagai ornamen dan patung yang menarik, seperti wayang, dinosaurus, dan burung garuda. Tebing ini juga menawarkan pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian.
  • Candi Plaosan: Candi ini adalah candi Buddha yang dibangun oleh Raja Pikatan dari Wangsa Sanjaya untuk istrinya, Pramodhawardhani, yang beragama Buddha. Candi ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Candi ini memiliki arsitektur yang elegan dan relief yang bercerita tentang cinta suci antara raja dan ratu.
  • Tebing Breksi: Tebing Breksi adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Terletak hanya beberapa kilometer dari Candi Prambanan, Tebing Breksi terkenal dengan formasi batu kapur yang indah. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di sekitar tebing atau naik ke atas tebing untuk melihat pemandangan yang lebih luas. Tempat ini juga menjadi populer untuk kegiatan fotografi dan olahraga tebing.
  • Candi Sewu: Candi Sewu adalah salah satu kompleks candi terbesar di Indonesia dan terletak sekitar 800 meter dari Candi Prambanan. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dan menarik, dengan ribuan candi kecil yang membentuk kompleks yang luas. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks candi ini dan mengagumi detail arsitektur yang rumit. Candi Sewu juga menjadi tempat yang populer untuk melihat matahari terbit atau terbenam.
  • Taman Sari: Taman Sari adalah sebuah kompleks taman dan kolam yang terletak di pusat Kota Yogyakarta, tidak jauh dari Candi Prambanan. Tempat ini dulunya merupakan taman air yang dibangun untuk Sultan Yogyakarta. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks ini dan melihat kolam-kolam indah, bangunan-bangunan bersejarah, dan terowongan bawah tanah yang menarik. Taman Sari juga memiliki nilai sejarah yang tinggi, karena merupakan tempat rekreasi dan tempat beristirahat para sultan pada masa lalu.
  • Kraton Yogyakarta: Kraton Yogyakarta adalah istana resmi Sultan Yogyakarta dan merupakan salah satu istana terakhir yang masih berfungsi di Indonesia. Terletak di pusat Kota Yogyakarta, Kraton Yogyakarta menawarkan pengalaman budaya yang unik. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks istana ini, melihat koleksi seni dan artefak bersejarah, serta menyaksikan pertunjukan seni tradisional Jawa. Kraton Yogyakarta juga menjadi tempat yang penting dalam kehidupan budaya dan politik Yogyakarta.
  • Malioboro: Malioboro adalah jalan utama yang terkenal di Yogyakarta dan merupakan pusat perbelanjaan dan kegiatan wisata. Terletak tidak jauh dari Candi Prambanan, Malioboro menawarkan berbagai toko, restoran, dan tempat hiburan. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang jalan ini, mencari oleh-oleh khas Yogyakarta, atau mencoba makanan lezat di warung-warung pinggir jalan. Malioboro juga menjadi tempat yang populer untuk melihat pertunjukan seni dan budaya Jawa.

Jadi, jika Anda mengunjungi Candi Prambanan, pastikan untuk meluangkan waktu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata terdekat yang menarik. Dari Tebing Breksi yang indah hingga kompleks Candi Sewu yang megah, ada banyak hal yang dapat Anda jelajahi di sekitar Candi Prambanan. Selamat berwisata!

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Jasa Iklan Banner Berkualitas=