Beranda Wisata Kunjungi Potensi Wisata Situs Candi Kayen Pati

Kunjungi Potensi Wisata Situs Candi Kayen Pati

Situs Candi Kayen

Situs Candi Kayen bersama pemasan Jam Kembar Ki Ageng Darmoyono di perkirakan berasal sekitar abad VII XI M. Berikut ini saya menulis artikel tentang Situs Candi Kayen. Sebuah candi bata khas candi di daerah yang jauh dari gunung. Berada di Ds. Mbulloh Kayen Pati Jawa Tengah.

Situs Candi Kayen adalah sebuah situs peninggalan candi Hindu yang berada di Desa Kayen, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Situs ini ditemukan pada tahun 2009 saat pembangunan masjid di dekat makam Ki Ageng Dharmoyono. Situs ini diduga berasal dari abad ke-7 hingga ke-9 Masehi dan merupakan salah satu pintu masuk pertama kali dari peradaban India ke Jawa.

Situs ini terdiri dari dua buah struktur bangunan yang tinggal bagian kaki, yaitu candi induk dan candi perwara. Selain itu, di situs ini juga ditemukan berbagai artefak seperti batu bata bertuliskan huruf “sa” dan “ya”, alat-alat rumah tangga, uang kepeng, dan arca Siwa Mahakala. Sayangnya, situs ini terkesan kurang terawat dan atap yang menaungi bangunan sudah jebol.

Situs Candi Kayen merupakan salah satu cagar budaya yang ada di Kabupaten Pati. Situs ini menarik untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin melihat jejak sejarah era Hindu di Jawa Tengah.

Situs Candi Kayen

Candi yang cukup unik dengan bangunan dari bata merah. Entah bagaimana perkembangan penelitian tentang candi ini. Berawal dari hasil peninjauan yang di lakukan ole Balai Arkeologi Yogyakarta (BALAR Yogyakarta). Pada tanggal 4 Mei 2011 di Dusun Miyono (Mbuloh), Desa Kayen, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Tim ini berhasil mengidentifikasikan beberapa temuan Benda Cagar Budaya (BCB). Yaitu di antaranya struktur bata yang masih intact, arca serta beberapa artefak dari logam dan keramik. Kondisi lingkungan Situs Kayen cukup subur dengan di dukung keberadaan Sungai Sombron yang berhulu di Pegunungan kendeng dan bermuara di Sungai Tanjang.

Sebenarnya temuan di Situs Kayen ini sudah di jumpai pada bulan agustus 2010, ketika penduduk setempat berniat membangun mushola di sebelah barat makam Ki Gede Miyono menemukan bata-bata kuna yang berukuran besar.

Pembangunan mushola ini bertujuan di peruntukkan tempat ibadah bagi para peziarah makam Ki Gede Miyono. Oleh penduduk setempat, beberapa bata kuna tersebut di manfaatkan untuk membangun Makam Ki Gede Miyono.

Menindaklanjuti temuan tersebut, pihak Disbudpora Kabupaten Pati berkoordinasi dengan BP3 Jawa Tengah untuk mengidentifikasikan temuan tersebut. Candi yang penuh dengan kode-kode rahasia menunggu kita untuk membuka kebenaran sejarah Mbah Khianut.

Selain jejak Candi Kayen. Dua pohon jati yang sangat purba memunculkan seratus pertanyaan misterius dengan beribu-ribu jawaban dengan berbagai relatifltasnya. Bangunanya sudah rusak patung peninggalanya di pindah ke kantor dinas kebudayaan tempatnya sepi kurang terawat akses jalan rusak tidak begitu jauh dari jalan raya dekat dengan makam syeh jangkung (saridin).

Fasilitas Wisata Situs Candi Kayen

Situs Candi Kayen adalah salah satu tujuan wisata eksotis di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Candi ini merupakan peninggalan bangunan candi yang bercorak agama Hindu, yang diduga sebagai awal mula masuknya peradaban India ke Jawa. Candi ini terdiri dari dua buah struktur bangunan, yaitu candi induk dan perwara, yang tinggal bagian kaki.

Fasilitas wisata yang tersedia di Situs Candi Kayen antara lain:

  • Papan informasi yang berisi sejarah penemuan dan cagar budaya candi.
  • Pagar pengaman yang melindungi situs candi dari kerusakan.
  • Masjid yang berada di sebelah candi, yang dapat digunakan untuk beribadah.
  • Tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung.
  • Warung makan dan minum yang menyediakan berbagai menu khas Pati.
  • Pemandangan alam yang indah dan asri, dengan hutan jati dan persawahan di sekitar lokasi candi.

Untuk sampai di lokasi Situs Candi Kayen, pengunjung harus melewati jalan pertanian yang berjarak sekitar 20 kilometer atau sekitar 30 menit berkendara dari pusat Kota Pati.

Baca juga : Sendang Sani Destinasi Wisata Di Pati

Itulah tulisan artikel tentang Situs Candi Kayen singkat, saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam meneliti situs Candi ini.

Bagikan:

Iklan

Jasa Iklan Banner Berkualitas=