Beranda Wisata Kuliner Oleh-oleh Khas Makassar

Oleh-oleh Khas Makassar

Saat berkunjung ke Makassar, jangan lupa membawa pulang oleh-oleh khas seperti Coto Makassar, Pallu Basa, dan pisang epe. Selain itu, Anda juga dapat menemukan oleh-oleh kerajinan tangan seperti sarung Bugis, anyaman bambu, dan patung kayu di Makassar. Temukan tempat membeli oleh-oleh di Pasar Sentral Makassar dan sekitar Pantai Losari. Jangan lewatkan pengalaman wisata kuliner dan belanja oleh-oleh khas Makassar yang akan memperkaya perjalanan Anda.

Saat berkunjung ke suatu tempat, seringkali kita ingin membawa pulang oleh-oleh khas daerah tersebut sebagai kenang-kenangan. Jika Anda berencana mengunjungi Makassar, tidak ada salahnya mencoba oleh-oleh khas Makassar yang dapat Anda temukan di kota ini. Dengan kekayaan kuliner dan kerajinan tangan yang khas, Makassar menawarkan berbagai pilihan oleh-oleh yang dapat memanjakan lidah dan memberikan kesan yang tak terlupakan.

Oleh-oleh Kuliner

Makassar terkenal dengan berbagai hidangan lezat yang dapat dijadikan oleh-oleh. Salah satu makanan khas yang wajib Anda coba adalah Coto Makassar. Coto adalah sup daging khas Makassar yang disajikan dengan kuah kental dan bumbu rempah yang kaya. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat Coto Makassar menjadi oleh-oleh yang sangat populer.

Anda juga dapat mencoba Pallu Basa, hidangan berbahan dasar ikan tongkol yang dimasak dengan bumbu khas Makassar. Rasanya yang segar dan pedas membuatnya menjadi pilihan yang tepat sebagai oleh-oleh.

Bagi pecinta makanan manis, pisang epe adalah pilihan yang sempurna. Pisang epe adalah pisang yang dipanggang dan dilumuri dengan saus gula merah. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi oleh-oleh yang disukai banyak orang.

Baca juga : Oleh-Oleh Khas Malang: Membawa Pulang Kenangan Manis dari Kota Apel

Makassar adalah kota yang memiliki banyak oleh-oleh khas yang menarik dan lezat. Berikut adalah beberapa pilihan oleh-oleh khas Makassar yang bisa Anda bawa pulang ke kota asal:

  • Otak-otak ikan tenggiri: camilan yang terbuat dari ikan tenggiri yang dibungkus daun pisang dan dibakar. Otak-otak ikan tenggiri memiliki rasa yang gurih dan aroma yang harum. Anda bisa memesan otak-otak ikan tenggiri yang masih fresh dan bisa bertahan hingga 7 hari. Harga otak-otak ikan tenggiri mulai dari Rp 60.000 untuk paket isi 20 biji.
  • Bannang-bannang: kue kering yang berbentuk seperti benang kusut yang terbuat dari tepung beras, minyak goreng kelapa, dan gula merah. Bannang-bannang melambangkan kemanisan dan keharmonisan kehidupan rumah tangga. Kue ini cukup awet dan bisa bertahan hingga lebih dari 1 minggu. Harga kue bannang-bannang mulai dari Rp 15.000 per kemasan.
  • Baruasa: kue kering yang berwarna coklat dengan titik putih yang terbuat dari tepung terigu dan campuran kelapa parut. Kue baruasa sangat menyehatkan karena tidak mengandung lemak. Saat ini, tersedia berbagai pilihan rasa baruasa yang bisa Anda pilih. Harga kue baruasa mulai dari Rp 20.000 per kemasan.
  • Sirup DHT: sirup yang terbuat dari gula asli dan sari pisang yang biasanya disiramkan pada es pisang ijo. Sirup DHT memiliki cita rasa yang unik dan segar. Anda bisa menikmati sirup DHT dengan cara mencampurkannya dengan air dingin atau es batu. Harga sirup DHT mulai dari Rp 25.000 per botol.
  • Kopi Toraja: kopi yang berasal dari dataran tinggi Toraja yang terkenal dengan kualitas dan aromanya yang khas. Kopi Toraja memiliki rasa yang kuat dan pahit, cocok untuk Anda yang suka kopi hitam. Anda bisa membeli kopi Toraja dalam bentuk biji atau bubuk. Harga kopi Toraja mulai dari Rp 50.000 per ons.

Selain oleh-oleh khas Makassar di atas, masih ada banyak pilihan lain yang bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh khas Makassar, seperti kacang sembunyi, kerupuk jintan, dangke, kacang disco, minyak tawon, coto Makassar instan, dan lain-lain. Semoga Anda puas dengan oleh-oleh khas Makassar yang Anda bawa pulang.

Oleh-oleh Kerajinan Tangan

Di samping oleh-oleh kuliner, Makassar juga menawarkan berbagai kerajinan tangan yang unik dan menarik. Salah satu oleh-oleh yang paling terkenal adalah sarung Bugis. Sarung Bugis adalah kain tenun yang berasal dari suku Bugis di Sulawesi Selatan. Motif dan warna yang beragam membuat sarung Bugis menjadi oleh-oleh yang cocok untuk dijadikan sebagai hiasan atau pakaian.

Anda juga dapat mencari oleh-oleh berupa kerajinan anyaman bambu. Kerajinan anyaman bambu khas Makassar memiliki keindahan dan kekuatan yang luar biasa. Anda dapat memilih berbagai macam produk anyaman bambu seperti tas, tempat penyimpanan, atau hiasan dinding sebagai oleh-oleh yang unik dan bermanfaat.

Untuk pecinta seni, patung kayu adalah oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan. Makassar terkenal dengan seni ukirnya yang halus dan indah. Anda dapat memilih patung kayu dengan berbagai motif dan ukuran sebagai oleh-oleh yang akan memberikan sentuhan artistik pada rumah atau kantor Anda.

Tempat Membeli Oleh-oleh Khas Makassar

Ada beberapa tempat di Makassar yang menjadi pusat oleh-oleh khas. Salah satunya adalah Pasar Sentral Makassar. Di pasar ini, Anda dapat menemukan berbagai oleh-oleh kuliner dan kerajinan tangan dengan harga yang terjangkau. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi pusat oleh-oleh di sekitar Pantai Losari, di mana Anda dapat menemukan berbagai toko yang menjual oleh-oleh khas Makassar.

Jangan lupa untuk mencicipi oleh-oleh sebelum membelinya. Pastikan rasa dan kualitasnya sesuai dengan selera Anda. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk berbelanja oleh-oleh, Anda juga dapat membeli oleh-oleh khas Makassar secara online melalui berbagai platform e-commerce yang tersedia.

Bacajuga : Keuntungan Sewa Sepeda Motor Di Traveloka

Jadi, saat Anda berkunjung ke Makassar, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas yang dapat memperkaya pengalaman wisata Anda. Dengan memilih oleh-oleh kuliner dan kerajinan tangan yang khas, Anda dapat membawa sedikit potongan Makassar ke dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Bagikan:

Iklan

Jasa Iklan Banner Berkualitas=