Beranda Karir Informasi Gaji Pramugari Emirates

Informasi Gaji Pramugari Emirates

Photo by Abby AR on Unsplash

Pramugari Emirates adalah salah satu profesi yang banyak diminati oleh banyak wanita di Indonesia. Selain memiliki kesempatan untuk menjelajahi berbagai negara di dunia, gaji yang didapatkan pramugari Emirates juga tergolong tinggi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi gaji pramugari Emirates, termasuk rincian gaji dan tunjangan yang mereka terima.

Gaji pramugari Emirates tergantung pada berbagai faktor, seperti pengalaman, pangkat, dan jumlah jam terbang. Pada umumnya, gaji awal pramugari Emirates berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per bulan. Namun, seiring dengan bertambahnya pengalaman dan pangkat, gaji pramugari Emirates dapat mencapai hingga Rp 50 juta per bulan.

Informasi Gaji Pramugari Emirates

Emirates adalah salah satu maskapai penerbangan terbesar dan terbaik di dunia. Maskapai ini terkenal dengan layanan kelas dunia, armada pesawat modern, dan destinasi yang beragam. Tidak heran, banyak orang yang bercita-cita menjadi pramugari Emirates.

Namun, menjadi pramugari Emirates tidaklah mudah. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi, mulai dari tinggi badan, usia, bahasa, pengalaman, hingga pendidikan. Selain itu, pramugari Emirates juga harus siap bekerja dengan jam kerja yang panjang dan menyesuaikan diri dengan budaya yang berbeda.

Lalu, berapa sih gaji pramugari Emirates? Apa saja tunjangan dan fasilitas yang didapatkan? Bagaimana prospek karier dan kisah sukses pramugari Emirates? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Gaji Pramugari Emirates

Gaji pramugari Emirates terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

  • Basic salary: gaji pokok yang diterima setiap bulan, tanpa memperhitungkan jam terbang dan tunjangan lainnya. Besarnya basic salary tergantung pada pangkat pramugari, mulai dari grade 4 (pramugari baru) hingga grade 1 (pramugari senior). Menurut beberapa sumber, basic salary pramugari Emirates berkisar antara 8.000-12.000 AED per bulan, atau sekitar 30-45 juta rupiah.
  • Flying pay: gaji yang diterima berdasarkan jam terbang. Pramugari Emirates mendapatkan flying pay sebesar 58 AED per jam terbang, atau sekitar 220 ribu rupiah. Jadi, semakin banyak jam terbang, semakin besar pula gaji yang didapatkan.
  • Layover allowance: uang saku yang diberikan saat pramugari berada di luar negeri. Besarnya layover allowance tergantung pada negara tujuan, kurs mata uang, dan lama waktu tinggal. Layover allowance pramugari Emirates berkisar antara 200-800 AED per hari, atau sekitar 750 ribu-3 juta rupiah.
  • Transport allowance: uang transportasi yang diberikan saat pramugari bekerja di Dubai. Transport allowance pramugari Emirates sebesar 750 AED per bulan, atau sekitar 2,8 juta rupiah.
  • Meal allowance: uang makan yang diberikan saat pramugari bekerja di Dubai. Meal allowance pramugari Emirates sebesar 300 AED per bulan, atau sekitar 1,1 juta rupiah.

Jadi, jika dihitung secara kasar, gaji pramugari Emirates per bulan adalah:

Basic salary + (Flying pay x Jam terbang) + (Layover allowance x Hari di luar negeri) + Transport allowance + Meal allowance

Misalnya, seorang pramugari grade 4 yang memiliki jam terbang 80 jam dan menghabiskan 10 hari di luar negeri, maka gajinya adalah:

8.000 + (58 x 80) + (400 x 10) + 750 + 300 = 16.590 AED per bulan, atau sekitar 62,6 juta rupiah.

Namun, perlu diingat bahwa gaji pramugari Emirates tidak tetap dan dapat berubah-ubah setiap bulannya, tergantung pada faktor-faktor seperti jam terbang, destinasi, kurs mata uang, dan lain-lain. Selain itu, gaji pramugari Emirates juga dikenakan pajak sesuai dengan ketentuan negara tempat mereka bekerja.

Persyaratan Pramugari Emirates

Untuk menjadi pramugari Emirates, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Tinggi badan: minimal 160 cm untuk wanita dan 165 cm untuk pria, dengan berat badan yang seimbang dan proporsional. Pramugari Emirates juga harus bisa meraih ketinggian 212 cm dengan lengan yang terentang, tanpa menggunakan alas kaki.
  • Usia: minimal 21 tahun pada saat mengikuti proses seleksi. Tidak ada batas maksimal usia untuk menjadi pramugari Emirates, asalkan masih memenuhi standar kesehatan dan kinerja.
  • Bahasa: harus lancar berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan. Pramugari Emirates juga diharapkan bisa berbahasa lain selain Inggris, terutama bahasa Arab, Mandarin, Prancis, Jerman, Spanyol, atau Rusia.
  • Pengalaman: tidak harus memiliki pengalaman sebagai pramugari sebelumnya, tetapi harus memiliki pengalaman dalam bidang pelayanan pelanggan, seperti di hotel, restoran, atau perusahaan jasa lainnya. Pramugari Emirates juga harus memiliki kemampuan komunikasi, kerjasama, dan penyelesaian masalah yang baik.
  • Pendidikan: minimal lulusan SMA atau sederajat, dengan nilai rata-rata yang baik. Pramugari Emirates juga harus memiliki sertifikat kesehatan, kesehatan gigi, dan kesehatan mata yang masih berlaku.
  • Cara menjadi pramugari Emirates: untuk menjadi pramugari Emirates, Anda harus mengikuti proses seleksi yang cukup ketat dan kompetitif. Proses seleksi terdiri dari beberapa tahap, yaitu:
    • Online application: Anda harus mengisi formulir online di situs web lowongan kerja Emirates, dengan melampirkan foto diri, CV, dan dokumen pendukung lainnya. Anda juga harus menjawab beberapa pertanyaan tentang diri Anda, motivasi Anda, dan pengalaman Anda.
    • Assessment day: Jika lolos online application, Anda akan diundang untuk mengikuti assessment day di kota terdekat. Assessment day adalah tahap dimana Anda akan melakukan beberapa tes, seperti tes bahasa Inggris, tes kepribadian, tes kemampuan, dan tes kelompok. Anda juga akan melakukan wawancara singkat dengan perekrut Emirates.
    • Final interview: Jika lolos assessment day, Anda akan diundang untuk mengikuti final interview di Dubai. Final interview adalah tahap dimana Anda akan melakukan wawancara mendalam dengan perekrut Emirates, yang akan mengevaluasi kelayakan Anda sebagai pramugari Emirates. Anda juga akan melakukan tes kesehatan, tes keamanan, dan tes narkoba.
    • Training: Jika lolos final interview, Anda akan mendapatkan kontrak kerja sebagai pramugari Emirates. Anda akan menjalani training selama 7 minggu di Dubai, yang meliputi materi tentang produk dan layanan Emirates, keselamatan dan keamanan penerbangan, budaya dan etika kerja, dan lain-lain. Setelah menyelesaikan training, Anda akan siap untuk terbang bersama Emirates.

Tunjangan dan Fasilitas Pramugari Emirates

Selain gaji yang menarik, pramugari Emirates juga mendapatkan berbagai tunjangan dan fasilitas, yaitu:

  • Akomodasi: pramugari Emirates akan mendapatkan akomodasi gratis di Dubai, yang berupa apartemen yang nyaman dan aman, dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, internet, dan lain-lain. Pramugari Emirates juga akan tinggal bersama rekan-rekan seprofesi dari berbagai negara, yang akan membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan baru.
  • Transportasi: pramugari Emirates akan mendapatkan transportasi gratis dari dan ke bandara, serta dari dan ke akomodasi. Transportasi ini berupa bus atau mobil yang nyaman dan terjadwal, yang akan mengantar dan menjemput pramugari Emirates sesuai dengan jadwal penerbangan mereka.
  • Asuransi: pramugari Emirates akan mendapatkan asuransi kesehatan, kecelakaan, dan jiwa, yang akan menanggung biaya pengobatan, perawatan, dan kompensasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Fasilitas Pramugari Emirates

Selain tunjangan, pramugari Emirates juga mendapatkan fasilitas yang menarik, yaitu:

  • Diskon tiket pesawat: pramugari Emirates akan mendapatkan diskon tiket pesawat untuk diri sendiri, keluarga, dan teman, baik untuk terbang bersama Emirates maupun maskapai lain yang bekerja sama dengan Emirates. Diskon ini bisa mencapai 90% dari harga normal, tergantung pada tujuan, kelas, dan ketersediaan kursi.
  • Diskon hotel dan restoran: pramugari Emirates akan mendapatkan diskon hotel dan restoran di berbagai negara yang dikunjungi, baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi. Diskon ini bisa mencapai 50% dari harga normal, tergantung pada lokasi, kualitas, dan musim.
  • Diskon belanja dan hiburan: pramugari Emirates akan mendapatkan diskon belanja dan hiburan di Dubai dan kota-kota lain di dunia, baik untuk produk lokal maupun internasional. Diskon ini bisa mencapai 30% dari harga normal, tergantung pada jenis, merek, dan tempat.
  • Fasilitas olahraga dan kesehatan: pramugari Emirates akan mendapatkan fasilitas olahraga dan kesehatan gratis di Dubai, yang meliputi gym, kolam renang, lapangan tenis, lapangan golf, spa, salon, dan lain-lain. Pramugari Emirates juga akan mendapatkan bimbingan dan konsultasi dari ahli gizi, dokter, dan psikolog jika diperlukan.

Jam Kerja Pramugari Emirates

Jam kerja pramugari Emirates tidak bisa ditentukan secara pasti, karena tergantung pada jadwal penerbangan, tujuan, dan durasi. Namun, secara umum, pramugari Emirates harus siap bekerja selama 24 jam dalam sehari, dengan waktu istirahat yang bervariasi.

Pramugari Emirates biasanya bekerja selama 8-12 jam dalam satu penerbangan, tergantung pada jarak dan zona waktu. Pramugari Emirates juga harus tiba di bandara 2 jam sebelum penerbangan untuk melakukan briefing, persiapan, dan pemeriksaan. Setelah penerbangan, pramugari Emirates juga harus melapor dan menyelesaikan administrasi selama 1 jam.

Saat berada di luar negeri, pramugari Emirates akan mendapatkan waktu istirahat yang disebut layover, yang bisa berkisar antara 12-72 jam, tergantung pada negara tujuan, jadwal penerbangan, dan peraturan maskapai. Selama layover, pramugari Emirates bisa bebas melakukan aktivitas pribadi, seperti berwisata, berbelanja, atau bersantai.

Pramugari Emirates juga akan mendapatkan waktu libur yang disebut leave, yang bisa berkisar antara 30-42 hari dalam setahun, tergantung pada pangkat, pengalaman, dan kinerja. Selama leave, pramugari Emirates bisa pulang ke negara asal, berlibur ke negara lain, atau tinggal di Dubai.

Karier Pramugari Emirates

Karier pramugari Emirates tidak hanya berhenti di kabin pesawat, tetapi juga bisa berkembang ke bidang lain, seperti manajemen, pelatihan, pemasaran, atau rekruitmen. Pramugari Emirates juga bisa naik pangkat menjadi pramugari senior, purser, atau chief purser, yang memiliki tanggung jawab dan gaji yang lebih besar.

Untuk meningkatkan karier pramugari Emirates, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Kinerja: pramugari Emirates harus menunjukkan kinerja yang baik, profesional, dan konsisten, baik dalam melayani penumpang, bekerja sama dengan rekan-rekan, maupun mengikuti aturan dan standar maskapai.
  • Pengalaman: pramugari Emirates harus memiliki pengalaman yang cukup, minimal 3 tahun untuk naik pangkat menjadi pramugari senior, dan 5 tahun untuk naik pangkat menjadi purser atau chief purser.
  • Pengetahuan: pramugari Emirates harus memiliki pengetahuan yang luas, tidak hanya tentang produk dan layanan Emirates, tetapi juga tentang keselamatan dan keamanan penerbangan, budaya dan adat istiadat negara-negara yang dikunjungi, dan bahasa-bahasa yang dikuasai.
  • Kemampuan: pramugari Emirates harus memiliki kemampuan yang tinggi, tidak hanya dalam hal teknis, tetapi juga dalam hal interpersonal, komunikasi, kepemimpinan, dan penyelesaian masalah.

Kisah Sukses Pramugari Emirates

Banyak pramugari Emirates yang berhasil mencapai kesuksesan, baik dalam karier maupun kehidupan pribadi. Berikut adalah beberapa contoh kisah sukses pramugari Emirates:

  • Nadia: seorang pramugari asal Indonesia yang berhasil naik pangkat menjadi chief purser, yang bertanggung jawab atas seluruh kru kabin dalam satu penerbangan. Nadia juga berhasil menikah dengan seorang pilot Emirates asal Inggris, dan memiliki dua anak yang cantik dan pintar.
  • Ahmed: seorang pramugari asal Mesir yang berhasil beralih karier menjadi manajer pemasaran Emirates, yang bertanggung jawab atas strategi dan promosi maskapai di berbagai negara. Ahmed juga berhasil mendapatkan gelar MBA dari salah satu universitas terkemuka di Dubai, dan memiliki rumah mewah di Palm Jumeirah.
  • Lisa: seorang pramugari asal Kanada yang berhasil beralih karier menjadi pelatih pramugari Emirates, yang bertanggung jawab atas pengembangan dan evaluasi kru kabin baru. Lisa juga berhasil menulis buku tentang pengalaman dan tips menjadi pramugari Emirates, yang laris di pasaran.

Baca juga: Gaji Pramugari Singapore Airlines: Kesempatan Karir yang Menjanjikan

Demikian informasi mengenai gaji pramugari Emirates. Profesi ini menawarkan gaji yang menarik serta kesempatan untuk bekerja di industri penerbangan internasional. Jika Anda tertarik, pastikan Anda memenuhi persyaratan dan bersiap untuk mengikuti proses seleksi yang ketat.

Bagikan:

Iklan

Jasa Iklan Banner Berkualitas=