Beranda Wisata Icon Wisata Kota Kudus

Icon Wisata Kota Kudus

Icon Wisata Kota Kudus

Kudus terkenal dengan tempat wisata religi seperti Makam Sunan Kudus. Selain tempat-tempat tersebut, kota Kudus memiliki banyak objek icon wisata kota kudus yang dapat Anda kunjungi seperti air terjun, kolam, dan taman bunga.

Jalan-jalan di salah satu kota tentunya kurang lengkap jika tidak berfoto dengan bangunan, monument, atau tempat-tempat bersejarah yang menjadi ikonnya. Misalnya saja, saat anda pergi ke jogja atau jawa Tengah, anda pasti akan berfoto dengan latar candi.

Atau saat berlibur di Bali pastinya anda akan berfoto dengan latar pura atau sawah berundak-undak yang jadi ciri khasnya. Nah, ikon-ikon yang unik ternyata tidak hanya dimiliki oleh satu kota saja. Hampir semua kota dan kabupaten di Indonesia mempunyai ikon-ikon yang unik.

Icon Wisata Kota Kudus

Salah satunya adalah kota Kudus. Jika anda berkunjung ke kabupaten Kudus ini ada Icon Wisata Kota Kudus yang harus anda datangi. Apa saja?

Monumen Kretek Indonesia

Siapa yang tidak tahu kretek? Kretek adalah salah satu jenis tembakau yang dibuat dengan mencampurkan daun tembakau cincang dengan minyak cengkeh dan dibungkus dengan kertas. Rokok kretek sangat digemari oleh masyarakat di seluruh Indonesia bahkan di kalangan pecinta tembakau mancanegara.

Untuk memenuhi permintaan pasar akan rokok kretek, banyak kota di Indonesia yang menjadi sentra produksi rokok jenis ini. Tetapi sedikit orang yang tahu bahwa tembakau tradisional, yang pertama kali ditemukan pada tahun 1880, sebenarnya berasal dari kota Kudus, pada intinya. Nah, saat berkunjung ke Kudus, jangan lupa untuk mengabadikan monumen Indonesia ini, Kretek.

Baca juga : Info Wisata Pijar Park Kudus

Patung Super Smash

Selain mempunyai predikat sebagai pusat produksi kretek terbesar, Kudus juga kota yang identik dengan julukan penghasil atlet-atlet bulutangkis berprestasi level dunia. Karena di Kudus ada pusat pelatihan atlet-atlet bulutangkis yaitu PB Djarum.

Anda pastinya kenal dengan Liem Swie King, Christian Hadinata, Ivana Lie, Alan Budi Kusuma, Tontowi Ahmad, atau Liliana Natsir. Mereka adalah jebolan PB Djarum yang bermarkas di Kudus.

Sebagai tanda apresiasi terhadap prestasi para atlet yang di latih di Kudus di buatlah monumen berupa patung Super Smash yang terinspirasi dari smash Liem Swie King di topang dua bola dunia. Monumen setinggi 8 meter ini di buat oleh perupa kontemporer Rudi Mantofani.

Baca juga : Situs Langgar Bubrah Di Kudus

Gerbang Kudus Kota Kretek

Jika memasuki kota Kudus dari arah barat anda akan melalui Gerbang Kudus Kota Kretek yang sangat indah. Gerbang ini sebenarnya adalah monumen yang menggambarkan Kudus sebagai asal kretek. Bentuknya seperti lembaran daun tembakau dengan 59 tulang daun yang mempunyai arti Kudus sebagai kota religius dengan lima rukun Islam.

Baca juga : Daun Tembakau Menjadi Icon Gerbang Kota Kudus

Sementara empat pilar yang menopang bangunan berbentuk daun tembakau menggambarkan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain ikon-ikon kota Kudus tersebut juga masih mempunyai sederet pesona yang dapat anda eksplorasi. Mulai dari kuliner yang berbahan dasar daging kerbau, panorama alam yang asri, sampai bangunan-bangunan bersejarahnya.

Sebagai informasi Icon Wisata Kota Kudus yang cantik dan bangunan-bangunan bersejarah di Kudus dapat anda nikmati sambil rekreasi santai.

Bagikan:

Iklan

Jasa Iklan Banner Berkualitas=