Daftar Wisata Di Purbalingga

Jalur dan daftar Wisata Di Purbalingga memang tidak seterkenal atraksi lokal lainnya, namun ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa saat mendekati musim liburan. Purbalingga adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Pemalang di utara.

Berjarak 3-4 jam berkendara dari Yogyakarta, Purbalingga memiliki hampir semua tempat wisata alam kecuali pantai tentunya. Apakah Anda ingin melihat air terjun yang menakjubkan, dataran tinggi yang dramatis, atau bahkan pendakian gunung yang luar biasa, Purbalingga memiliki semuanya. Anda juga bisa membuat rencana untuk menjelajahi Jawa Tengah.

Mengingat lama perjalanan sekitar 3-4 jam perjalanan dari Yogyakarta ke Purbalingga, tidak ada salahnya mampir ke Purwokerto dan menikmati alam di sana. Jelas bahwa Purbalingga secara geografis dekat dengan Purwokerto, Kebumen atau Tegal.

Tidak yakin bagaimana menuju ke Purbalingga? tolong jangan khawatir. Berada di Pulau Jawa, hampir semua alat transportasi tersedia di sini. Jika Anda datang dengan pesawat, turun di jogja dan naik shuttle bus ke Purbalinga. Kalau mau kerja bisa naik bus jurusan Purwokerto, tapi turun di Terminal Purbalingga.

Apakah Anda ingin naik kereta? Anda juga harus bepergian dengan bus melintasi Purwokerto, tapi itu mungkin. Dengan banyaknya cara menuju Purbalinga, sepertinya tidak ada alasan untuk tidak mengunjunginya.

Di sisi lain berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara di sebelah timur dan selatan, serta Kabupaten Banyumas di sebelah barat dan selatan. Kunjungan ke Purbalingga adalah cara yang bagus untuk bersantai setelah akhir pekan yang sibuk. Berikut beberapa rekomendasi wisata Purbalingga.

Kutabawa Flower Garden

Keinginan untuk melihat warna-warni bunga dan tanaman tidak hanya di Puncak, Lembang, dan Chihidong. Lihat dan kagumi Kabupaten Kutabawa Purbalingga. Ya, Taman Bunga Kutabawa merupakan tempat wisata baru di Purbalingga. Dasarnya tentu saja bunga dan tanaman dengan berbagai warna.

Cuaca di tempat ini terlihat sejuk karena berada di lereng Gunung Slamet. Setelah Anda santai dan menikmati suasana yang menyenangkan, Anda dapat berfoto di lokasi yang mudah dijangkau. Anda juga bisa melihat bunga-bunga indah seperti lavender, marigold, dan cockscombs. Anda juga bisa membeli bibit bunga di sini sebagai oleh-oleh.

Ada beberapa tempat yang lebih menarik. Sehingga pemburu spot foto Daftar Wisata Di Purbalingga dapat mengabadikannya menggunakan kamera Anda. Berbagai bunga cantik bertebaran di beberapa tempat. Setidaknya ada 18 jenis bunga berwarna-warni. Selain lokasinya yang sejuk dan sejuk, ada banyak sekali fasilitas dan atraksi yang bisa Anda nikmati.

Lokasi: Jl Raya Kutabawa, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.
Jam Operasional: Setiap hari 05.00 – 17.00

Jembatan Cinta Pring Wulung

Bagi pasangan wisatawan, saat berwisata ke Purbalingga, Jembatan Cinta Pring Wulung harus dikunjungi. Tempat wisata ini seolah menjadi simbol kemesraan antara Anda dan pasangan. Berfoto di sini juga harus. Tempat ini sangat menyenangkan. Jembatan kayu dan bambu itu berbentuk lingkaran dengan bentuk hati di tengahnya.

Ada juga menara yang menawarkan kesempatan foto yang bagus juga. Pemiliknya juga peduli dengan lingkungan, jadi tempat ini cantik dan Instagrammable!
Ambil foto sebanyak yang Anda suka di sini. Dijamin hasilnya halus banget!
Puding Ulun Jembatan Cinta

Tiket Masuk: Rp5.000
Lokasi: Panusupan RT. 3 RW. 4, Kecamatan Rembang, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Koordinat di sini.
Jam Operasional: Setiap hari 07.00 – 18.00

Jembatan Lampion Desa Bawahan

Tempat Daftar Wisata Di Purbalingga yang akan membuat pecinta selfie Anda terkagum-kagum adalah jembatan lampion di tengah sawah. Tempat tersebut adalah Desa Bawahan di Desa Wisata Gunung Urd. Jadi, jika Anda mengunjungi Puncak Shibarat, kunjungi tempat yang tidak biasa ini.

Konsepnya benar-benar kunjungan malam. Dengan lentera berwarna yang indah, pengalamannya sangat luar biasa. Namun, mengambil foto keren di malam hari menghadirkan tantangan tersendiri. Yang mau datang selagi masih terang dipersilakan. Jembatan setinggi 80 meter di atas sawah juga merupakan pemandangan yang luar biasa!

Curug Tempuran

Dari jauh, desakan segera untuk bergegas muncul. Kesejukan Air Terjun Tempuran memang tak tertahankan. Berada di dekat pusat kota Purbalingga, curug Tempuran menawarkan suasana alam dan suasana yang menyegarkan. Pepohonan yang rindang dan aliran sungai yang lembut menambah warna tempat wisata ini.

Air Terjun Tempura juga memiliki kolam yang besar. Anda pasti bisa berenang dan bersenang-senang di sini. Tapi hati-hati, Anda akan baik-baik saja! Seperti yang Anda lihat, genangannya cukup dalam. Bersantai di tepi kolam atau menikmati air yang jatuh dari tebing adalah pengalaman yang mengasyikkan. Kapan Anda bisa menemukan alam yang tenang dan indah setelah hari yang sibuk?

Tiket Masuk: Gratis
Lokasi: Jl. Raya Binangun No.18, Pengalusan, Pengalusan, Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Koordinat di sini.

Curug Nagasari

Liburan dimaksudkan untuk menyegarkan kembali semangat Anda, dan kunjungan ke Curug Nagasari dapat membantu Anda meremajakan diri sejenak. Di sini Anda akan melihat air terjun yang “damai”. Air dari puncak tebing setinggi lebih dari 75 meter mengalir di sepanjang dinding tebing, bukannya jatuh langsung ke cekungan di bawahnya.

Jangan lupa untuk bermain air, jadi disarankan untuk menikmatinya dari dekat. Air yang sejuk dan menyegarkan sepertinya menghilangkan semua hal buruk dari kita. Apakah Anda ingin bermain air? tidak masalah. Menikmati pemandangan di sekitar air terjun juga menyenangkan.

Anda bisa melihat pepohonan yang rimbun, air sungai yang jernih dan bebatuan besar yang eksotis. Namun perlu diingat bahwa bermain di alam tidak boleh merusak keindahannya, apalagi dengan membuang sampah sembarangan

Tiket Masuk: Rp5.000
Lokasi: Dusun Pucungrumbak, Tanalum, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
Jam Operasional: Setiap hari 08.00 – 17.00

Gunung Sendaren

Tidak ada yang menyangkal bahwa di Purbalingga memiliki Daftar Wisata yang luar biasa. Tetapi hanya sedikit orang yang tahu cara menggunakannya dengan benar. Gunung Sendalen patut dipertimbangkan. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan Purbalingga yang mengesankan.

Perbukitan hijau, angin sepoi-sepoi dan langit biru jernih adalah kesan pertama saat mengunjungi tempat ini. Setelah itu Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan. Tempat untuk dijelajahi adalah Jembatan Awan Puncak Sendalen yang terkenal. Silahkan berfoto disini. Hasilnya keren. Ada spot foto lain yang sayang untuk dilewatkan. Anda tahu Instagram!

Tiket Masuk: Rp5.000
Lokasi: Jl. Ardi Lawet, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00

Bukit Mertelu

Tidak hanya bisa melihat keindahan alam Purbalingga dari atas dan berswafoto, tapi juga bisa melakukan extreme swing di Merter Hill. Dari sini Anda bisa leluasa mengagumi indahnya alam Purbalingga, namun yang utama adalah tempat selfie.

Di sini Anda akan menemukan lanskap perbukitan Purbalingga dan jembatan yang berakhir di rumah pohon eksotis yang terbuat dari dahan pohon, bagian tersulit berayun di ayunan ekstrim. Memang tidak terlalu tinggi, tapi perasaan melayang ke cakrawala dengan latar belakang perbukitan hijau memang tiada bandingnya.

Puncak Sibarat

Di ketinggian 620 mdpl, Anda bisa menikmati sunrise yang spektakuler tanpa jauh dari Purbalingga. Puncak Shibarat Gunung Wuling adalah Daftar Wisata Di Purbalingga yang harus dikunjungi untuk menikmati matahari terbit dari atas. Tidak perlu ke Bromo, Semeru atau Rinjani kan?

Tidak hanya bisa menyaksikan matahari terbit di tempat yang sejuk, kamu juga bisa berfoto selfie dengan background yang menarik. Seperti hutan pinus yang rindang, pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing dari jauh, rumah terbalik. Apakah begitu!

Puncak Gunung Slamet

Ini adalah ujian nyata bagi para petualang. Bertemu langsung dengan sinar matahari di atas permukaan bumi sekaligus berfoto di perbukitan yang hanya beberapa ratus meter di atas permukaan laut. Gunung Sulamet menjadi tujuan utama para pelancong ketika datang ke Purbalingga.

Gunung yang menjulang tinggi menjadi tantangan bagi mereka yang ingin mencapai langit di puncaknya. Manfaat bagi mereka yang mau dan bisa melakukan adalah kepuasan yang besar. Keindahan alam tidak hanya bisa dilihat di Purbalinga, tapi juga di Banyumas dan Brebes. Pemandangannya sendiri juga istimewa.

Tak perlu dikatakan bahwa anda dapat menyisihkan waktu khusus untuk menyaksikan matahari terbit dari puncak. Namun, minimnya sumber air membuat jalur yang harus dilalui agak sulit. Hiling membutuhkan persiapan khusus. Namun, tidak diragukan lagi kesannya akan luar biasa di Puncak Gunung Slamet.

Baca juga : Ulasan Talaga Pineus Riverside Camp

Ada beberapa jalur yang bisa di ambil, trek standar adalah dari Blambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Sementara dari Pemalang, bisa melalui Desa Gambuhan, Desa Jurangmangu dan Desa Gunungsari, atau lewat jalur Dhipajaya. Jalur lainnya bisa melalui pemandian wisata air panas Guci kabupaten Tegal.

Desa Wisata Serang

Wisata keluarga bertema alam ke Purbalinga? Langsung menuju desa wisata Serang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Ingin mengisi ulang baterai Anda di tengah hutan pinus yang lebat? tidak masalah. Anda dapat menemukannya di sini dan bahkan berfoto dengan latar belakang yang spektakuler. Mungkin juga berbagai bunga liar menyambut Anda dengan mekarnya yang indah.

Dan bagian terbaiknya adalah Anda dapat memetik stroberi langsung dari kebun selama musim panen. Jika Anda ingin menerbangkan rubah atau mengendarai quad, Anda juga dapat melakukannya. Beragam pilihan hiburan di Serang dijamin membuat Anda dan keluarga betah.

Bendungan Slinga

Fungsi utamanya adalah untuk menjaga persediaan air Purbalingga, tapi tidak apa-apa untuk digunakan untuk tujuan wisata, Daftar Wisata Di Purbalingga bendungan saat ini menjadi salah satu tempat wisata di Purbalingga yang paling populer, terutama bagi pengguna Instagram. Voila, hasilnya banyak gambar keren.

Dengan aula di ujungnya adalah salah satunya. Tempat lain yang mungkin bisa membantu adalah perahu di tepi bendungan. Namun untuk memanfaatkan momen tersebut dengan maksimal, kami sarankan untuk datang pada pagi hari menjelang subuh.

Matahari dengan lembut tenggelam ke tempat tidur Anda dan Anda dapat menikmati pemandangan yang akan mengubah suasana hati Anda menjadi lebih tenang. Sangat keren!

Sanggaluri Park

Sebagai traveler, nyali Anda mungkin harus diperiksa, termasuk Taman Sangaluri yang menjadi rumah bagi ratusan spesies ular dan serangga. Taman ini merupakan taman edukasi yang bertujuan untuk belajar tentang ular dan serangga. Pengepakan itu menyenangkan dan bisa sedikit membuat stres.

Pengelola menantang orang yang datang untuk menangkap ular yang tersebar di area khusus. Siapa pun yang dapat melakukan ini akan menerima suvenir yang menarik. Selain itu, taman ini menarik, menyenangkan, dan ramah keluarga. Si kecil akan menyukai berbagai wahana, termasuk miniatur mobil, rumah balon, dan flying fox. luar biasa!

Tiket Masuk: Senin-Jumat Rp10.000 | Sabtu dan Minggu Rp12.000
Lokasi: Jalan Taman Reptile, Desa Kutasari, Kutasari, Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari 08.00 – 17.00

Desa Wisata Panusupan

Wisatawan dan pengguna Instagram sama-sama akan senang. Ada banyak tempat memanjakan mereka untuk selfie. Desa wisata Panusupan sepertinya menganggap desa ini cocok untuk Instagrammer. Pemandangan alam yang indah, panorama yang luas dan lokasi yang menarik menjadi alasannya.

Banyak penduduk setempat sengaja membuat tempat-tempat menarik, seperti sarang burung dan jembatan bambu yang ikonik. Yang paling menarik adalah sifatnya yang luar biasa. Jadi kamera Anda adalah senjata utama Anda saat berkunjung ke desa ini. Garis-garis berdetak di sana-sini!

Lokasi: Desa Panusupan, Kec. Rembang, Panusupan, Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari 07.00 – 18.00

Owabong Waterpark

Semakin banyak tempat seru untuk bermain air, seperti Taman Owabon. Waterpark di Bojungsari ini menawarkan sesuatu yang berbeda dari waterpark lainnya. Daftar Wisata Di Purbalingga ini Anda tidak dapat melihat karakter dengan gelombang yang sama di tempat lain.

Untuk membuktikannya, Anda harus datang langsung ke Owabong. Selain ombak yang kuat, berbagai atraksi menanti Anda dan keluarga. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas dukungan yang membuat Anda merasa nyaman di sini.

Tiket Masuk: Senin-Jumat Rp20.000 | Sabtu, Minggu dan hari libur Rp30.000
Lokasi: Jl. Raya Owabong No.1, Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
Jam Operasional: Setiap hari 07.00 – 17.00

Baca juga : Wisata Di Kaliurang Yang Instagramable

Goraga Purbalinga

Golaga merupakan perpanjangan dari Goa Lawa Purbalingga. Destinasi wisata ini terkenal memiliki banyak gua dalam satu ruangan. Terdapat 14 goa diantaranya Goa Semar, Goa Waringin dan Goa Dada Lava.

Lembah Asri

Lembah ini berada di perbatasan Banyumas dan pantai utara. Jika Anda sedang melintasi Pulau Jawa, Anda harus mampir ke tempat wisata Purbalingga ini. Di sini Anda dapat bersantai dan mengagumi keindahan pegunungan atau mencoba atraksi lain seperti kereta gantung, pacuan kuda, dan wahana quad.

Desa Kurcaci

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di Purbalinga yang dikelola oleh para remaja setempat. Mereka juga mendapat dukungan dari lembaga masyarakat desa atas nama Perkhtani. Dengan demikian, dipastikan bahwa kunjungan ke desa kurcaci ini resmi dan tidak ilegal.

Untuk masuk ke objek wisata ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah saja. Dengan biaya semurah itu, Anda sudah bisa menikmati hutan luas yang dipenuhi pohon Damaran.

Para hobbit rupanya membangun ‘rumah’ tidak hanya di Yogyakarta dan Lembang Bandung, tapi juga di Purbalingga. Berada di kaki Gunung Slamet, Kampong Nom memiliki dua buah rumah kecil berwarna cerah yang unik. Bentuknya hampir mirip dengan rumah tempat tinggal hobbit Bilbo dan Frodo Baggins di trilogi Lord of the Rings. T

api jangan berharap bertemu dengan para gnome ini. Namun, jika kecewa, Anda selalu bisa berfoto di depan “rumah”. Hasilnya sangat bagus. Tempat lain yang harus Anda kunjungi adalah Hutan Pinus dan Air Terjun Krug Lawang yang tidak jauh dari tempat itu. Anda juga bisa pergi berkemah dan hiking. Ada juga rumah pohon. Kesenangan dijamin!

Alun-alun Purbalingga

Di tempat ini, Anda tidak hanya bisa menikmati suasana Kabupaten Purbalingga, tapi juga mencicipi hidangan khas alun-alun. Banyak penduduk setempat mengunjungi alun-alun ini setiap hari hanya untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Baca juga : Wisata Dekat Gunung Merapi

Curug Sumba

Air terjun ini seperti Coban Rondo memiliki pesona selain keindahan air terjun yang masih alami. Seperti gua kecil di salah satu sisi air terjun, misalnya. Selain itu, Anda bisa berenang di kolam alami yang berisi semua air murni dari air terjun ini. Berikut beberapa wisata Purbalingga yang mungkin sudah Anda ketahui.

Situ Tirta Marta Desa Karangcegak

Tempat ini terkenal dengan airnya yang jernih, kamu bisa berfoto di bawah air dan hasilnya sangat jernih. Di sini Anda bisa bersantai di tepi kolam renang. Di sekitar Situ Tirta Martha banyak terdapat pepohonan hijau sehingga suasananya sangat sejuk.

Siapa yang tidak suka berenang? Apalagi saat airnya jernih dan menyegarkan. Jangan lupa interior dan suasananya juga nyaman. Paket dapat diambil di Situ Tirta Marta. Anda bahkan bisa mengambil foto bawah air dengan latar belakang seperti ‘surga’. Ada banyak tempat keren untuk bermain air.

Pengelola juga menyediakan banyak “benda tak biasa” di dasar kolam. Tempat ini mengingatkan saya pada Umbre Pongo Klaten. Tapi ketika Anda datang ke sini, Anda bisa mencium dan melihat keistimewaan lainnya di Danau Situ Tirta Martha.

Tiket Masuk: Rp5.000 untuk masuk ke lokasi, Rp150.000 untuk harga sewa kamera bawah air dan operatornya.
Lokasi: Karangcegak, Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
Jam Operasional: Setiap hari 07.00 – 18.00

x