Beranda Wisata Daftar Wisata Alam Dieng

Daftar Wisata Alam Dieng

Daftar Wisata Alam Dieng

Daftar wisata alam Dieng tak perlu perlu di ragukan lagi. Kota yang berada di tengah kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara ini sering di sebut sebagai ‘negeri-nya para dewa’. Karena mempunyai pesona alamnya yang sangat biasa indah.¬†

Tempat yang berada di dataran tinggi ini sebenarnya adalah sebuah kawasan vulkanik aktif dan dapat di sebut sebagai gunung api raksasa yang mempunyai beberapa puncak dan kawah. Hal ini bisa menyebabkan di kawasan Dieng plateau berbagai macam fenomena alam vulkanis yang sangat menarik untuk di pelajari, dan menjadi spot selfie tentunya. 

Saking indahnya alam, selalu ramai di kunjungi. Walau wisatanya yang sangat maju, tapi tetap mempunyai penduduk desa secara utuh. Di sana tidak terdapat hotel berbintang ya, hanya ada guest house yang nyaman dan aman. 

Daftar Wisata Alam Dieng

Untuk anda yang ingin datang ke Wonosobo, mencapainya hanya dapat melalui naik bus. Jika anda naik kereta dari luar jawa Tengah paling turun di Semarang atau Jogja, dan ujungnya tetep naik bus ke arah Wonososbo yang makan sekitar 3-4 jam. Berikut ini daftar objek wisata di Dieng :

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir jalur trecking-nya sekitar 30 menit dari kaki bukit-nya jadi ga terlalu capek, tetapi soal keindahan sunrise-nya tetep maksimal dong, bukit ini merupakan salah satu spot golden sunrise terbaik yang ada di Indonesia loh. Terlihat warna emas di tengah kelamnya langit, mengikis secara perlahan gelapnya langit menjadi biru.

Dan anda akan menemukan keindahan sempurna lukisan tangan Tuhan. Untuk dapat naik ke bukit Sikunir, paling mudah harus menuju desa Sembungan terlebih dahulu. Desa Sembungan merupakan titik awal yang familiar di gunakan para travelling untuk memulai pendakian ke Bukit Sikunir. 

Telaga Warna

Lokasi Telaga Warna berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut yang di kelilingi oleh bukit tinggi. Yang dapat menambah pesona keindahan alam sekitarnya. Keindahan Telaga Warna akan lebih terasa bagus ketika anda naik ke salah satu bukit yang mengelilingi telaga Warna.

Suasana alam yang harmonis di tambah dengan udara yang sejuk dan bersih membuat suasana Telaga Warna begitu menyenangkan hati dan pikiran. Di sekitar Telaga Warna tedapat gua yang juga perlu dikunjungi. Seperti Gua Semar Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati.

Di depan gua ini terdapat arca wanita yang membawa kendi. Gua ini mempunyai kolam kecil yang airnya di percaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat kulit jadi lebih sehat dan cantik. 

Ada juga Gua Sumur Eyang Kumalasari, dan Gua Jaran Resi Kendaliseto. Selain itu, ada pula sebuah Batu Tulis Eyang Purbo Waseso. Gua-gua sekitar telaga warna sering di jadikan sebagai tempat bersemedi.

Telaga Pengilon

Sebenarnya ada banyak telaga yang terdapat di kawasan Dieng. Tapi karena Telaga Pengilon dan telaga Warna terletak dekat, jadi lebih mudah di kunjungi. Walau lokasinya dekat, tapi Telaga Pengilon ini mempunyai karakteristik telaga yang berbeda. 

Telaga Pengilon mempunyai warna air yang jernih tidak berwarna seperti pada Telaga Warna. Bagi anda penggemar fotografi pasti senang dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini, air tenang berlatar perbuktan hijau membuat suasana magis yang sangat mempesona.

Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin  ini letaknya dekat dengan Dieng Plateu Theater. Pintu masuknya pun sama dengan Dieng Plateau Theater. Jadi kalau anda mau datang ke sini bisa mampir ke teater-nya untuk nonton film soal vulkanologi. 

Sesuai namanya ‘Batu Pandang’ mempunyai batu gede yang biasa di gunakan untuk menikmati keindahan alam di sekitarnya, seperti pemandangan Telaga Warna, Telaga Pangilon dan Gunung Prau yang membentangkan menghiasai pandangan alam.

Selain dapat menikmati pemandangan para pengunjung juga bisa main flying fox. Spot fotonya ada batu gede, masih ada jembatan cantik yang bernama Jembatan Hitam Putih, trus ada juga dek fotogenik yang aman buat selfie. 

Telaga Cebongan

Telaga Cebongan terdapat di Desa Sembungan salah satu desa tertinggi di jawa Tengah. Destinasi ini dapat di kunjungi setelah anda puas menikmati matahari terbit di puncak Sikunir. Karena lokasi telaga ini memang di bawah bukit Sikunir. 

Di sini anda dapat menikmati keindahan telaga alam yang berada di sekitarnya terdapat lahan-lahan pertanian penduduk sehingga dapat menambah keindahan alam Telaga Cebong ini. 

Candi Arjuna

Candi Arjuna adalah salah satu candi yang terdapat di dalam Komplek Percandian Arjuna. Komplek candi Hindu ini terdiri dari lima Candi yaitu Candi Arjuna, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, Candi Sembadra dan Candi Semar.

Lokasinya yang berada di ketinggian 2093 (mdpl), dengan suasana panorama dataran tinggi yang subur dan sejuk. Deretan perbukitan yang menawan serta pemandangan kabut yang khas dataran tinggi menjadi suasana khas yang dapat menyenangkan hati anda. 

Berdasarkan catatan sejarah, Kompleks Candi Arjuna merupakan salah satu candi tertua di tanah Jawa. Di perkirakan kompleks candi ini di bangun di awal abad ke-9 Masehi, karena di temukannya sebuah prasasti dengan aksara Jawa kuno pada sekitar tahun 731 Caka (tahun 809 masehi).

Kawah Sikidang

Sebuah kawah biasanya terletak di puncak gunung, dengan Kawah Sikidang ini. Lokasinya berada di tanah datar membuat pengunjung lebih leluasa menikmati aktvitas perkawahan yang berasap dan meletup-letup. Tetapi letaknya yang mudah di kunjungi ini juga membuat anda harus lebih hati-hati ya, jangan melihat terlalu dekat.

Karena kawah ini mengandung belerang yang cukup tinggi. Di Kawasan ini sebenarnya tidak hanya terdapat satu kawah saja. Kawah SIkidang adalah kawah yang paling jelas terlihat di antara kawah lain di kawasan tersebut.

Baca juga : Info Wisata Pijar Park Kudus

Di sekitar kawah SIkidang masih ada beberapa kawah yang bentuknya kecil serta beberapa kawah yang sudah mati. Kawah kawah yang kecil ini selalu berpindah pindah seperti kidang (kijang). 

Nah itulah tulisan artikel tentang Daftar wisata alam yang terdapat di Dieng. Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan selebihnya bisa di cek kembali daftar Wisata di Wonosobo.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Jasa Iklan Banner Berkualitas=