Beranda Wisata Daftar Museum Di Jogja

Daftar Museum Di Jogja

Daftar Museum Di Jogja

Jika selama ini Anda berlibur ke Jogja karena ingin menikmati wisata alam atau kulinernya. Maka cobalah untuk mengunjungi Daftar Museum Di Jogja tentunya memberikan banyak wawasan.

Jogja tidak hanya sebagai kota pendidikan tetapi juga kota budaya. Untuk itu tidak sedikit museum terdapat di Yogyakarta seperti museum monjali, muesum benteng vrederburg, museum sono budoyo, museum TNI AU “Dirgantara Mandala” dan museum bahari.

Museum adalah tempat menyimpan, mengumpulkan, merawat, melestarikan barang seperti patung, tulang, foto foto, dan masih banyak lainnya yang penting sebagai warisan budaya. Yang berguna untuk tujuan penelitian, pendidikan, dan hiburan.

Daftar Museum Di Jogja

Memang Yokya terkenal sebagai kota pendidikan dan sejarah. Namun, ada banyak museum di Jogja. Kalau begitu aku harus pergi ke museum mana? Tetap di sini untuk membaca daftar museum.

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg terletak di kawasan Nol Kilometer di pusat kota Yogja. Merupakan museum yang menampilkan sejarah Indonesia khususnya kota Yogyakarta bagaimana perjuangan pemuda Yogyakarta.

Bangunan museum Benteng Vredeburg penuh dengan nuansa Belanda. Anda akan belajar banyak tentang sejarah kemerdekaan Indonesia, pembentukan ibu kota dalam bentuk drama, gambar dan animasi.

Museum Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogya Kembali (Monjali) didirikan untuk memperingati fungsi baru kota Yogyakarta sebagai ibu kota Republik Indonesia yang di rebut dari penjajah Belanda yang terjadi pada 29 Juni 1949.

Ide atau gagasan untuk membuat museum berbentuk kerucut ini di bangun di atas lahan seluas 49.920 meter persegi dan tinggi 31,8 meter. Bangunan Monjari memiliki tiga lantai, dengan empat ruang museum di lantai dasar, sepuluh drama dan 40 relief di lantai dua, dan lantai tiga disebut Luang Garba Graha.

Koleksi museum meliputi 1.108 barang, antara lain lambang, miniatur, replika, kendaraan, senjata api, senjata tradisional, dokumen fotografi, alat angkut tentara, alat kesehatan, inventaris, alat peraga, arsip, daftar nama pahlawan, relief.

Museum Bahari Jogja

Museum Bahari didirikan dengan tujuan agar masyarakat Indonesia mempunyai pemahaman dan pengetahuan yang cukup besar tentang kelautan dalam arti yang seluas-luasnya untuk mengembangkan potensi sumber daya laut dengan lebih mengenal laut.

Kunjungan ke Museum Bahari Yogyakarta memungkinkan pengunjung untuk menemukan seluk-beluk dunia laut. Pengunjung dapat melihat lebih dekat isi anjungan kapal perang dan menonton film dokumenter sejarah tentang TNI AL.

Selain itu, Anda dapat melihat koleksi pertahanan angkatan laut berupa meriam, bom angkatan laut, torpedo, peralatan selam, telegram, miniatur kapal, peta bahari dunia, jangkar, dan replika kapal beserta komponennya.

Museum Bahari mempunyai empat ruang utama: ruang Koleksi dan Kenangan, ruang Koleksi di lantai dua, ruang paviliun terakhir, dan ruang Audiovisual dengan perlengkapan audiovisual untuk pemutaran film-film yang berkaitan dengan tema tersebut. Maritim.

Museum Biologi UGM

Museum Biologi Yogyakarta sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar tentang flora dan fauna. Banyak perwakilan flora dan fauna yang di lestarikan di Museum Biologi. Kebanyakan dari mereka adalah flora dan fauna yang merupakan hasil hibah penelitian dari berbagai negara.

Museum Batik

Kain batik Nusantara hadir dalam berbagai corak dan warna, dan sangat di sayangkan jika tidak banyak di pelajari atau di kenal. Oleh sebab itu, Museum Batik menjadi salah satu tujuan wisata di Jogja. Di mana Anda dapat belajar kain batik dari Jawa, batik Sumatera, hingga Kalimantan semuanya tersedia.

Museum Sono budoyo

Museum Sonobuden seperti aliran waktu yang kembali ke masa lalu yang memperkenalkan berbagai koleksi barang antik. Anda dapat melihat berbagai artefak seperti patung, gerabah, gerabah, senjata tradisional dan keris.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah museum yang mengoleksi peninggalan sejarah Keraton Yogyakarta. Ada aturan khusus bagi pengunjung, salah satunya tidak boleh merekam isi interior museum, sehingga wisatawan bisa fokus mendengarkan penjelasan yang di berikan pemandu.

Museum Dirgantara

Di sini Anda dapat menemukan foto-foto, lukisan, diorama sejarah TNI AU, bahkan seragam dinas prajurit yang tergambar jelas. Yang semuanya merupakan bagian dari Indonesia Pelajari lebih lengkap dan detail tentang evolusi penerbangan.

Baca juga : Belajar Di Museum Layang-Layang

Nah itulah tulisan artikel tentang Daftar Museum Di Jogja. Saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam mencari tempat wisata di Jogja yang lebih bermanfaat.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Jasa Iklan Banner Berkualitas=