Cara Menginap Di Hotel

Fasilitasnya banyak, jadi tidak perlu bingung meski baru pertama kali menginap dan booking hotel. Umumnya, hotel dapat di pesan dengan tiga cara. Pertama secara manual, yaitu tiba langsung di hotel atau memesan melalui telepon. Keduanya dapat di pesan dari aplikasi pemesanan hotel. Ketiga, Anda juga bisa memesan dari situs resmi hotel. Lihat tips pemesanan hotel untuk pemula untuk mempelajari lebih lanjut.

Tips Mencari Hotel

Sebelum anda mencari hotel mana dan hotel seperti apa yang ingin Anda inginkan sebaiknya anda mengetahui tips berikut ini agar Anda tidak salah menginap di hotel :

Memesan Hotel Sendiri

Komisi yang di tetapkan saat memesan melalui checkout berbeda. Bahkan, harganya mungkin lebih mahal dari sebelumnya. Harga hotel juga d isesuaikan berdasarkan okupansi. Ketika ada banyak permintaan, harga akan lebih tinggi. “Terkait check-in tergantung hari H. Tergantung kapan tamu datang.” Misalnya, jika hotel 80% penuh, tarif yang di tawarkan akan lebih tinggi di bandingkan jika penuh 30%. Ini terutama terasa selama musim liburan dan akhir pekan.

Memesan Hotel Lewat Website Resmi

Jika Anda memesan dari situs web resmi hotel, Anda bisa mendapatkan penawaran yang lebih baik daripada jika Anda menghubungi hotel secara langsung. Selain harga yang terjangkau, website resmi hotel atau perusahaan resmi yang menyediakan layanan reservasi bisa menjamin keamanan. “Di sana dia bisa memilih tempat sekaligus. Di mana tanggal kedatangannya, tanggal keberangkatannya kapan saja?” Anda kemudian akan di minta untuk memberikan informasi pribadi seperti nomor KTP, nama dan tanggal lahir Anda.

Hindari Jasa Memesankan Hotel

Saat mencoba memesan hotel, jangan percaya pihak ketiga atau orang yang menyediakan jasanya untuk memesan kamar hotel Anda. Kasus ini seringkali merupakan penipuan. “Kasus seperti itu banyak sekali, pemesan biasanya melayani. “Di mana kamu ingin tinggal? Kirimi aku uang. Biarkan aku memesan kamar untukmu.” Saat korban mengirimkan uang, mereka menerima uang tersebut alih-alih memesan kamar hotel di tempat tujuan.

Jika tamu datang ke hotel dan ingin check-in, namanya tidak akan di cantumkan dalam data tamu. Ini sering kali karena daya tarik penurunan peringkat di hindari dan membuat hidup lebih mudah bagi pelanggan potensial. Untuk mencegahnya, Anda perlu berhati-hati dengan pihak yang menyediakan jasa booking hotel. Selain itu, jika dia memberi Anda nomor rekening, periksa apakah nomor rekening itu adalah nama pribadinya.

Setiap hotel atau biro perjalanan resmi menggunakan nama akun setelah nama perusahaan. Ini banyak terjadi di hotel-hotel di Indonesia. Karena itu, banyak hotel menerima keluhan dari tamu. Korban yang di tipu oleh oknum ini biasanya berasal dari pedesaan. Mereka tidak menerima informasi apa pun terkait permintaan resmi dari biro perjalanan atau hotel itu sendiri.

Saat pertama kali check-in di hotel, Anda mungkin langsung ingin membuka pintu kamar dan berbaring di tempat tidur empuk. Bepergian bisa melelahkan dan menggoda untuk tidak bangun di pagi hari. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memesan kamar hotel untuk pertama kalinya.

Tanyakan Untuk Upgrade Kamar

Item pertama dalam daftar ini harus di lakukan sebelum mencapai ruangan. Jika Anda ingin mengubah kamar standar Anda menjadi penthouse, jangan ragu untuk menghubungi kami. Bagaimana cara meningkatkan peluang mendapatkan pembaruan gratis? Bepergian selama jam sibuk, datang terlambat, dan memberi tahu staf hotel tentang acara khusus seperti ulang tahun dan peringatan dapat meningkatkan peluang Anda untuk menerima fasilitas tambahan. lebih tinggi.

Periksa ‘Tamu’ Yang Tidak Di Inginkan

Saat memasuki kamar hotel, Anda harus memastikan bahwa Anda, teman Anda, dan keluarga Anda adalah satu-satunya makhluk hidup yang berencana untuk bermalam di sana. Jauhkan kutu busuk, kecoak, dan serangga lainnya dari kamar. Tolong beri saya. Tentu saja tidak ada yang memikirkannya, tetapi di beberapa hotel itu adalah kenyataan yang menyedihkan.

Jika Anda menemukan hama, harap segera memberi tahu pihak hotel. Anda juga dapat meminta kamar baru yang setidaknya dua lantai di atas kamar asli Anda, karena serangga ini dapat bersembunyi di dinding dan berpindah antar lantai.

Nilai Kebersihan Ruangan

Anda dapat mengharapkan sebagian besar kamar hotel terlihat berkilau saat Anda check-in, tetapi kenyataannya kuman masih bisa bersembunyi. Tempat umum untuk kotoran dan kuman di kamar hotel termasuk seprei, remote control, kacamata, menu layanan kamar, telepon, dan sarung bantal. Silakan periksa masing-masing barang ini pada saat kedatangan dan seka dengan tisu disinfektan jika memungkinkan atau minta penggantinya jika perlu.

Tanya Tentang Ekstra Fasilitas

Sebelum memesan penginapan, Anda mungkin telah membaca tentang fasilitas utama hotel seperti hot tub, kolam renang, dan spa. Beberapa hotel bermitra dengan properti terdekat atau hotel lain untuk menyediakan fasilitas tertentu yang tidak mereka tawarkan.

Fasilitas lain yang mungkin belum Anda ketahui antara lain transportasi, persewaan sepeda, serta makanan dan minuman gratis di bar dan restoran hotel. Seperti halnya pembaruan apa pun, Anda tidak pernah tahu kecuali Anda bertanya.

Cara Menginap Di Hotel

Jika Anda pernah menginap di hotel, atau sering menginap di sana, Anda akan mengetahui proses reservasi awal atau reservasi-to-check-out untuk menginap di hotel. Namun bagi mereka yang baru pertama kali ingin menginap di hotel dan harus melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan dari luar, bisa jadi membingungkan dan menimbulkan banyak pertanyaan. Bagi Anda yang berencana menginap di hotel, berikut cara menginap dari pemesanan hingga keberangkatan!

Booking Hotel

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memesan hotel pilihan Anda di kota pilihan Anda. Reservasi hotel dapat di lakukan langsung dengan menghubungi pihak hotel secara langsung atau melalui online travel agent (OTA). Untuk pemesanan yang di lakukan langsung dengan hotel, pembayaran harus di lakukan pada saat kedatangan di hotel.

Sementara itu, pemesanan melalui OTA memerlukan beberapa langkah berikut. Ikuti petunjuk pemesanan hotel OTA yang sesuai hingga Anda menerima kode pemesanan dan jumlah pembayaran. Anda kemudian dapat membayar melalui transfer bank, kartu kredit, atau metode pembayaran lainnya. Biasanya ada periode waktu di mana pembayaran harus di lakukan.

Jika kedaluwarsa, pesanan akan di batalkan secara otomatis. Jika sudah, jangan lupa untuk segera membayar. Cara terakhir adalah memesan secara online. Hotel yang lebih besar biasanya memiliki situs web sendiri. Biasanya di sini juga ada layanan booking langsung di situsnya. Ukuran dan tarif kamar dapat di temukan langsung di situs web. Oleh karena itu, konfirmasi pesan terkirim biasanya akan dikirimkan kepada Anda melalui email setelah pesanan Anda selesai.

Jangan hapus email ini dan simpan karena Anda akan membutuhkannya selama proses pendaftaran. Oh ya, saat memesan, saya harus menentukan ukuran kamar, jumlah orang yang menginap, dan apakah sudah termasuk makan pagi. Semua keputusan ini memengaruhi biaya reservasi hotel Anda. Misalnya, saya memutuskan untuk menyewa kamar tanpa sarapan. Tarif kamar lebih tinggi dari kamar dengan sarapan.

Check In Hotel

Harap tanyakan apakah check-in lebih awal memungkinkan saat check-in. Check-in di hotel memerlukan verifikasi identitas hanya jika pemesanan di lakukan melalui telepon di hotel. Jika Anda memesan melalui OTA, Anda dapat menunjukkan konfirmasi pemesanan yang biasanya dikirimkan OTA ke alamat email Anda. Saat memesan secara online, Anda dapat menunjukkan konfirmasi pesanan Anda.

Bukti biasanya dikirim melalui email. Jadi yang harus Anda lakukan hanyalah mengirimkan bukti melalui email ke registrar dan mereka akan meninjau bukti tersebut nanti. Selama proses ini, Anda dapat memilih untuk menunjukkan atau memberikan salinan identitas Anda. Salinan CTP harus di tunjukkan di hotel-hotel di Indonesia. Pengunjung tidak perlu menunjukkan ID.

Jika Anda berada di luar negeri, KTP Anda umumnya tidak berlaku. Anda akan di minta untuk menunjukkan paspor Anda untuk proses check-in ini. Beberapa hotel juga memiliki kebijakan deposit. Anda harus memberikan sejumlah uang kepada hotel sebagai jaminan. Kartu kredit juga bisa di gunakan untuk proses deposit ini.

Dalam hal layanan kamar, dry cleaning, barang rusak atau hilang, jumlah deposit akan di bebankan ke hotel sesuai dengan jumlah yang perlu di gunakan. Jika jumlah setoran rendah, harus di tambahkan lagi dan sebaliknya. Uang jaminan dapat di kembalikan sepenuhnya jika tidak ada keluhan. Saat ini banyak hotel yang tidak menggunakan uang jaminan.

Baca Juga: Tips Memilih Hotel untuk Staycation

Menggunakan Kunci Kamar Hotel

Hotel berbintang (bahkan hotel kecil sekalipun) jarang menggunakan kunci fisik berupa kunci kamar. Semua kunci sudah menjadi kartu akses. Sistem keamanan juga bekerja dari lift. Untuk masuk ke kamar di lantai tertentu, Anda harus memasukkan kartu Anda di beberapa lift. Sama berlaku untuk akses kamar. Pastikan tidak ada tempat untuk menempelkan kartu di dekat kenop pintu atau pintu masuk.

Segera setelah kartu di terapkan dengan benar, pintu akan terbuka. Selain itu, beberapa hotel mengharuskan Anda memasukkan kunci hotel ke slot kartu di pegangan pintu. Periksa saja apakah ada slot kartu. Jika ada, masukkan kartu kunci ke dalam slot. Jika Anda tidak memilikinya, lampirkan peta ke kastil seperti gambar di atas.

Kartu akses biasanya juga di gunakan untuk menyalakan lampu di dalam ruangan. Lihat ke luar pintu untuk melihat apakah ada tempat untuk memasukkan kartu Anda. Jika sudah, segera masukkan kartu untuk menyalakan lampu dan AC.

Menggunakan Toilet Hotel

Toilet dan kamar mandi hotel sederhana dan bersih. Oleh karena itu, kamar mandi dan toilet hotel dapat berbeda dari satu hotel ke hotel lainnya. Tetapi sebagian besar kamar mandi hotel tidak memiliki bak atau sendok. Jadi mau tidak mau harus menggunakan shower untuk mandi sendiri, atau bisa juga menggunakan bath tub jika ada. Sabun dan sampo di sediakan.

Itu dapat di tempatkan di wadah yang di pasang di dinding atau di tempatkan sebagai botol. Area kamar mandi dan toilet biasanya memiliki pembatas berupa tirai atau kaca.

Menggunakan Minibar

Sebelum menggunakan item apa pun di minibar, di sarankan untuk mengetahui harganya.
Tarif per malam biasanya sudah termasuk 2 botol air mineral dan kopi dan teh Anda sendiri. Jika ada makanan ringan atau minuman lain di lemari es, biasanya tidak termasuk dalam tarif kamar. Anda dapat menikmatinya dan harus membayar pada saat check out.

Check Out Di Hotel

Jangan tinggalkan apa pun saat Anda keluar. Waktu check-out hotel adalah pukul 12:00-13:00, waktu kedatangan tamu berikutnya adalah pukul 13:00-14:00. Biaya tambahan mungkin berlaku untuk keberangkatan terlambat. Anda mungkin ingin bertanya di hotel. Jika Anda ingin menambah hari tinggal Anda, silakan hubungi manajer secara langsung.

Hari lain biasanya bisa di tambah jika kamar masih tersedia. Tentunya dengan tambahan uang sesuai kesepakatan. Jika tidak ada kamar yang tersedia, umumnya tidak mungkin untuk menambah hari. Karena itu, Anda harus memastikan untuk check-in pada waktu yang di tentukan. Untuk check out, silakan pergi ke meja depan hotel dan kembalikan kunci kamar Anda.

Jika Anda memesan layanan kamar, binatu, atau minibar, Anda membayarnya saat itu juga. Silakan periksa deposit Anda. Jika tidak terjadi apa-apa, Anda bisa mendapatkan uang deposit Anda kembali. Proses pemesanan kamar hotel, check in dan check out sangat sederhana. Berliburlah ke destinasi pilihan Anda dan menginaplah di hotel ternama.

x